Langsung ke konten utama

Contoh Laporan PKL

Kali ini aku mau ngepos. ya pos pertamaku sih sebenarnya. hehe. Ini laporan PKL yang kubuat ketika masih duduk di bangku SMK N 1 Purwokerto. Sedikit cerita aja kalau waktu itu aku PKL di KPP Pratama Purwokerto. 

Langsung saja pada laporannya :

LAPORAN
PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA
PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA
PURWOKERTO




DISUSUN OLEH                              :
NAMA                                               : MUHAMMAD RIZQY YAHYA
NIS                                                     : 13365
KOMPETENSI KEAHLIAN            : AKUNTANSI


DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BANYUMAS
SMK NEGERI 1 PURWIKERTO
2012





PENGESAHAN INSTANSI


Laporan ini telah disetujui dan disahkan pada :

Hari                 :
Tanggal           :






Mengetahui / Mengesahkan                                        Mengetahui / mengesahkan
Kepala Seksi Pelayanan                                              Pembimbing instasi


Ahmad Sadeli                                                            Eni Kriswandari
NIP. 19571027 198503 1 001                                     NIP. 19630523 198203 2 001

  
 


  
PENGESAHAN SEKOLAH


Laporan ini telah disetujui dan disahkan pada :

Hari                 :
Tanggal           :




                                                         

Mengetahui / Mengesahkan                                        Mengetahui / mengesahkan
Ketua Kompetensi Keahlian AK                                Pembimbing Sekolah


Insan , S.Pd                                                                Solikhah, S.Pd
NIP. 19660629 199103 1 008                                     NIP. 19740209 200801 2 005



  


KATA PENGANTAR

Puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penyusun dapat menyelesaikan penulisan laporan PRAKTIK KERJA INDUSTI (PRAKERIN) di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purwokero.

Laporan ini disusun berdasarkan pengalaman PRAKERIN di KPP Pratama Purwokerto. Penyusun yakin bahwa laporan ini tersusun karena adanya bimbingan dan dorongan dari semua pihak, untuk itu pada kesempatan ini penyusun mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1.      Bapak Sudarmawan Haris Hartadi selaku Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purwokerto
2.      Bapak Ruslan Haris R selaku kepala SMK Negeri 1 Purwokerto
3.      Bapak Ahmad Sadeli selaku Kepala Seksi Pelayanan
4.      Bapak Insan selaku kepala Kompetensi keahlian akuntansi
5.      Ibu Eni Kriswandari selaku pembimbing instasi
6.      Ibu Solekhah selaku pembimbing sekolah
7.      Seluruh Karyawan dan Karyawati Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purwokerto yang telah membantu penyusun selama pelaksanaan Praktik Kerja Industri dan menyusun laporan ini

Penyusun menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu saran dan kritik sangat penyusun harapkan. Dan semoga laporan pelaksanaan Prakerin ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

                                                                             Purwokerto,   Desember 2012

                                                                             Penyusun


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL  .....................................................................................   i 
HALAMAN PENGESAHAN INSTANSI   ..................................................  ii
HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH    ................................................. iii
KATA PENGANTAR   .................................................................................. iv
DAFTAR ISI    ................................................................................................  v

BAB I         PENDAHULUAN
                    A. Latar Belakang berdirinya KPP Pratama Purwokerto  ...........  1
                    B. Tujuan Pembuatan Laporan    ..................................................  2
                    C. Waktu Pelaksanaan Prakerin    ................................................  2

Bab II         PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA DI DUDI
                    A. Jenis-Jenis Jabatan Menurut Pembagian Tugas Kantor    ........  4
                    B. Jenis-Jenis Pekerjaan   .............................................................  5

Bab III       PENUTUP
                    A. Kesimpulan ...........................................................................  11
                    B. Kesan Umum Terhadap KPP Pratama Purwokerto................ 11
                    C. Pendapat Tentang Pelaksanaan Prakerin  ..............................  12

LAMPIRAN – LAMPIRAN




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Berdirinya KPP Pratama Purwokerto

KPP Pratama Purwokerto merupakan gabungan dari tiga kantor yaitu Kantor Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan (KP PBB), Kantor Pelayanan Pajak (KPP Purwokerto), dan Kantor Pemeriksaan dan Penyidikan Pajak Purwokerto (KARIKPA). 

KP PBB Purwokerto melayani pembayaran pajak bumi dan bangunan. KPP Purwokerto memberikan pelayanan bagi wajib pajak, sedangkan KARIKPA untuk pemeriksaan dan penyidikan.

Karena modernisasi Administrasi Perpajakan, maka Kantor Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan, Kantor Pelayanan Pajak Purwokerto, dan Kantor Pemeriksaan dan Penyidikan Pajak  digabung menjadi satu instansi yaitu Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purwokerto. Selain itu, penggabungan tersebut juga berdasarkan SK DJP No.141/2007 tentang Penerapan Organisasi Tata Kerja dan saat mulai beroperasinya Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah II Dan Kantor Wilayah DJP dan Kantor Wilayah DJP Daerah Istimewa Yogyakarta.

Adapun Visi, Misi, dan Nilai Direktorat Jendral Pajak, yaitu:
1.      Visi Direktorat Jendral pajak adalah “Menjadi institisi pemerintah yang menyelenggarakan sistem administrasi perpajakan modern yang efektif, efisien, dan dipercaya masyarakat dengan integritas dan profesionalisme yang tinggi”.
2.      Misi Direktorat Jendral Pajak adalah “Menghimpun penerimaan pajak negara berdasarkan undang – undang perpajakan yang mampu mewujudkan kemandirian pembiayaan Anggaran dan Belanja Negara melalui sistem administrasi perpajakan yang efektif dan efisien”.
3.      Nilai direktorat Jendral Pajak
Dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi DJP berpedoman kepada nilai-nilai sebagai berikut :

*        Integritas 
Menjalankan tugas dan pekerjaan dengan selalu memegang teguh kode etik dan prinsip - prinsip moral, yang diterjemahkan dengan bertindak jujur, konsisten, dan menepati janji.
*      Profesionalisme
Memiliki kompetensi dibidang profesi dan menjalankan tugas dan pekerjaan sesuai dengan kompetensi, kewenangan, serta norma-norma profesi, etika, dan sosial.
*      Inovasi
Memiliki pemikiran yang bersifat terobosan atau alternatif pemecahan masalah yang kreatif, dengan memperhatikan aturan atau norma yang berlaku.
*      Teamwork
Memiliki kemampuan untuk bekerjasama dengan orang atau pihak lain serta membangun network untuk   menunjang tugas dan pekerjaan.

B.     Tujuan Pembuatan Laporan
1.      Memberikan suatu penyelesaian dan pemahaman terhadap tata cara kerja di kantor dan juga beberapa permasalahan yang ditemui dan menjadi data dan pengalaman pokok sehingga pelaksanaan prakerin menjadi mudah.
2.      Untuk melaporkan kegiatan selama prakerin agar dapat mengetahui bagaimana bekerja di dunia usaha dan sekaligus mempaktikannya langsung.
3.      Memberikan gambaran dan penjelasan mengenai wawasan dan tentang proses serta tata cara kerja bagian – bagian tertentu.
4.      Melengkapi persyaratan dalam pelaksanaan PSG yang diterapkan pada SMK

C.     Waktu Pelaksanaan Prakerin
Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) dilaksanakan selama dua bulan yang dimulai tanggal 24 September 2012 sampai dengan 14 November 2012.
Adapun tempat pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) adalah di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purwokerto, yang beralamat di Jalan Gerilya No.567 Purwokerto.

Sedangkan waktu kerja selama pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) sesuai dengan jam kerja yang berlaku pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purwokerto.
Adapun jam kerja yang sudah diterapkan bagi para pegawai dan peserta prakerin yaitu:
Hari Senin-Kamis :
      Masuk Kantor                                                 : Pukul 07.30 WIB
      Istirahat                                                           : Pukul 12.00 - 13.00 WIB
      Pulang kantor bagi peserta prakerin                : Pukul 16.00 WIB
      Pulang kantor bagi para pegawai                    : Pukul 17.00 WIB
Hari Jum’at :
      Masuk Kantor                                                 : Pukul 07.00 WIB
      Istirahat                                                           : Pukul 11.30 - 13.30 WIB
      Pulang kantor bagi peserta prakerin                : Pukul 16.00 WIB
      Pulang kantor bagi para pegawai                    : Pukul 17.00 WIB
Hari Sabtu dan Minggu libur
Pada saat pelaksanaan Prakerin, Penyusun ditempatkan di Seksi Pelayanan.

















BAB II
PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA DI DUDI

A.    Jenis-Jenis Jabatan Menurut Pembagian Tugas Kantor

*   Tugas Kepala KPP :

1.      Mengkoordinasikan penyusunan rencana kerja kantor pelayanan pajak sebagai bahan penyusunan rencana strategi kantor wilayah.
2.      Mengkoordinasikan penyusunan rencana pengamanan penerimaan pajak berdasarkan potensi pajak, perkembangan kegiatan ekonomi keuangan dan realisasi penerimaan tahun lalu.
3.      Mengkooordinasikan pelaksanaan tindak lanjut nota kesepahaman (MOU) sesuai arahan kepala kantor wilayah.
4.      Mengkoordinasikan rencana pencarian data strategis dan potensial dalam rangka intensifikasi/ekstensifikasi perpajakan.
5.      Mengkoordinasikan pelaksanaan pencarian data yang strategis dan potensial dalam rangka intensifikasi / ekstensifikasi perpajakan.
6.      Mengkoordinasikan  pengolahan data yang sumber datanya strategis dan potensial dalam rangka intensifikasi /  ekstensifikasi perpajakan.
7.      Mengkoordinasikan pembuatan risalah perincian dasar pengenaan pemotongan atau pemungutan pajak atas permintaan wajib pajak berdasarkan hasil penghitungan ketetapan pajak.
8.      Mengkooordinasikan pengolahan data guna menyajikan informasi perpajakan.
9.      Mengkoordinasikan penyusunan monografi perpajakan.                                                                                           
10.  Mengkoordinasikan pemantauan pelaporan dan pembayaran masa dan tahunan PPh dan pembayaran masa PPN/PPn BM serta pembayaran BPHTB dan PBB untuk megetahui tingkat kepatuhan wajib pajak serta mengendalikan/pelaksanaan pemeriksaan pajak.

*      Sub Bagian Umum
Sub Bagian Umum mempunyai tugas melakukan urusan kepegawaian,
keuangan, tata usaha dan rumah tangga.

*      Tugas Kepala Sub bagian umum :
1.      Pelaksanaan tugas di bidang administrasi penerimaan dan pengiriman surat-surat serta pelaksanaan tugas bendaharawan.
2.      Mendistribusikan surat-surat masuk kepada seksi yang bersangkutan dan pengiriman surat-surat keluar kepada  instansi terkait.
3.      Mengkoordinasikan dan mengawasi pelaksanaan tugas bendaharawan rutin.
4.      Memberi nasehat dan menegakkan disiplin pegawai bawahan.
5.      Memberi penilaian atas pelaksanaan pekerjaan pegawai bawahan.

*      Account Representative (AR)
Account Representative (AR) merupakan Petugas di Kantor Pajak, yang memantau keadaan wajib pajak sebagai penghubung dan tempat konsultasi antara Wajib Pajak dengan Kantor Pelayanan Pajak.
Keberadaan  Account representative (AR) merupakan bentuk peningkatan pelayanan kepada wajib pajak. Wajib pajak akan dilayani oleh Account Representative (AR) yang telah ditunjuk sehingga akan terjalin keterbukaan.

*      Tugas Account Representative (AR) :
1.      Melayani penyelesaian permohonan restitusi PPN
Melayani penerbitan surat perintah membayar kelbihan pajak (SPMKP)                                                                                                                       
2.      Melayani penyelesaian permohonan legalisasi ijin prinsip
pembebasan PPh pasal 22 impor
3.      Melayani penyelesaian surat keterangan bebas (SKB) pemungutan PPh pasal 22 impor

B.     Jenis-Jenis Pekerjaan

1.      Sub Bagian Umum
Uraian tugas Sub Bagian Umum yaitu :
ü  Menerima Dokumen di KPP
ü  Memproses dan menata usahakan dokumen masuk di Sub Bagian Umum
ü  Menyampaikan dokumen di KPP
ü  Mengajukan uang makan PNS
ü  Menyusun RKAKL pada KPP
ü  Menyusun tindakan / tindak lanjut terhaap Surat Hasil Pemeriksaan (SPH) Laporan Hasil Pemerisaan (LPH) dari ITJEN DEPKEU/BPK/Unit Fungsional Pemeriksaan lainnya
ü  Menyusun laporan berkala KPP
ü  Membuat laporan tahunan
ü  Melaksanakan pembagian tagihan melalui mekanisme langsung (LS) kepala rakanan
ü  Menyusun laporan / daftar realisasi Anggaran Belanja
ü  Menyusun laporan SAKPA (Sistem Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran)
ü  Tata cara pemusnahan dokumen
ü  Penerimaan inventaris
ü  Mengajukan usul penghapusan barang inventaris
ü  Mengurus gaji dan honorarium
ü  Meminta penguji kesehatan pegawai
ü  Melaksanakan pelantikan, Sumpah dan serah terima serta pengambilan sumpah PNS
ü  Tata cara laporan perkawinan pertama pegawai
ü  Mengajukan usul peserta pendidikan di luar
ü  Menerbitkan izin melanjutkan pendidikan di luar kedinasan setara dengan S1, S2, D3
ü  Mengajukan usul permohonan pensiun janda / duda
ü  Tata cara permohonan uang duka wafat / tewas
ü  Melaksanakan penetapan buku kas umum
ü  Membayar lembur pegawai
ü  Mengajukan usul pengangkatan bendahara
ü  Membuat kartu tanda pengenal pemeriksaan

2.      Seksi Ekstensifikasi Perpajakan
ü  Menyelesaikan seluruh obyek dan subyek PBB
ü  Menyelesaikan mutasi sebagian obyek dan subyek PBB
ü  Menyelesaikan permohonan penundaan pengembalian SPOP
ü  Menyelesaikan permohonan surat keterangan NJOP
ü  Menyelesaikan permohonan pembatalan SPPT / SKP / STP

3.      Seksi Pengolahan Data dan Informasi
ü  Menyelesaikan pembagian hasil penerimaan PBB
ü  Pemanfaatan bank data
ü  Pembentukan bank data
ü  Pembuatan dan penyampaian Surat Perhitungan (SPH) lalu dikirim ke KPP lain
ü  Peminjaman berkas data / alat keterangan oleh saksi Pengolahan Data dan Informasi kepala seksi terkait
ü  Pembuatan laporan penerimaan PBB / BPHTB ( Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan )
ü  Penata usahaan penerimaan PBB Non Elektronik
ü  Pemrosesan dan penata usahaan dokumen masuk di seksi PDI
ü  Penyusunan rencana penerimaan pajak berdasarkan potensi pajak, perkembangan ekonomi dan keuangan

4.      Seksi Pelayanan
ü  Pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP )
ü  Penyelesaian permohonan pengukuhan pengusaha kena pajak
ü  Perubahan identitas Wajib Pajak
ü  Pendaftaran Objek Pajak baru dengan pemeriksaan lapangan
ü  Pendaftaran Objek Pajak baru dengan pemeriksaan kantor
ü  Penyelesaian pemindahan Wajib Pajak di KPP lama
ü  Penyelesaian penyelesaian pemindahan pengusaha kena pajak di KPP baru
ü  Penerimaan dan pengolahan SPT tahunan PPJ
ü  Penerimaan dan pengolahan SPT masa PPN
ü  Penyelesaian permohonan pembukuan dalam bahasa Inggris dan mata uang dollar Amerika Serikat
ü  Penerbitan surat perintah membayar kelebihan pajak untuk perwakilan Negara dan Badan – Badan Internasional serta pejabat / tenaga ahlinya
ü  Penyampaian permintaan evaluasi aktiva tetap dari wajib pajak ke kantor wilayah
ü  Penyelesaian pemberitahuan penggunaan norma perhitungan
ü  Penyelesaian permohonan percetakan salinan SPPT / SKP / STP
ü  Penyelesaian pencabutan pengukuran pengusaha kena pajak
ü  Penyelesaian penghapusan NPWP
ü  Penyelesaian permohonan pembetulan SPPT / SKP / STP
ü  Penerbitan surat teguran penyampaian SPT masa PPN
ü  Penerbitan surat teguran penyampaian SPT masa PPh
ü  Penerbitan Surat Ketetapan Pajak
ü  Layanan penerbitan penetapan sebagai daerah terpencil
ü  Penata usahaan surat, dokumen, dan laporan wajib pajak pada tempat pelayanan terpadu
ü  Penelitian hasil keluaran berupa SPPT / STTS / DHKP
ü  Peminjaman / pengiriman berkas
ü  Pelaksanaan pemenuhan permintaan konfirmasi dan klarifikasi
ü  Pemrosesan dan penatausahaan dokumen masuk di seksi pelaksanaan
ü  Penyisihan anak berkas WP yang tahun / masa pajaknya telah melampaui 10 tahun
5.      Seksi Pengawasan dan Konsultasi
ü  Penerbitan Surat Perintah Membayar Kelebihan Pajak (SPMKP)
ü  Penerbitan Surat Perintah Membayar Imbalan Bunga (SPMIB)
ü  Penyelesaian permohonan penggunaan nilai buku dalam rangka penggabungan usaha, pengambilan usaha, atau pemeriksaan usaha
ü  Penyelesaian permohonan keberatan
ü  Penyelesaian pembentukan ketetapan pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai dan pajak penjualan atas barang mewah
ü  Penyelesaian permohonan pengurangan atau penghapusan sanksi administrasi pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai dan pajak penjualan atas barang mewah
ü  Penyelesaian permohonan pengurangan atau pembatalan ketetapan pajak yang tidak benar baik pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai ataupun pajak penjualan atas barang mewah
ü  Penyelesaian permohonan perubahan metode pembukuan
ü  Tata cara layanan permintaaan perubahan tahun buku pertama
ü  Penyelesaian permohonan Surat Keterangan Bebas PPh 21
ü  Penyelesaian permohonan Surat Keterangan Bebas (SKB) PPh pasal 22 Bendaharawan
ü  Penyelesaian permohonan Surat Keterangan Bebas (SKB) Pemungutan PPh pasal 22 untuk pedagang pengumpul dan untuk industri tertentu
ü  Pemberian izin prinsip pembebasan PPJ pasal 22 Import
ü  Penyelesaian permohonan Surat Keterangan Bebas (SKB) Pemungutan PPh pasal 22 import untuk Wajib Pajak yang penghasilannya semata-mata dikenakan PPh yang bersifat final
ü  Penyelesaian permohonan Surat Keterangan Bebas (SKB) Pemungutan PPh pasal 22 import emas batangan atau eksport emas batangan
ü  Penyelesaian permohonan Surat Keterangan Bebas (SKB) Pemotongan PPh pasal 23
ü  Penyelesaian permohonan Surat Keterangan Bebas (SKB) Pemotongan PPh atas bunga deposito dan tabungan serta diskonto SBI yang diterima atau diperoleh dana pensiun yang pendiriannya telah disahkan oleh menteri keuangan
ü  Penyelesaian permohonan Surat Keterangan Bebas (SKB) PPh atas penghasilan dari penagihan hak atas tanah atau bangunan
ü  Penyelesaian permohonan Surat Keterangan Bebas (SKB) PPh atas penghasilan dari penagihan hak atas tanah atau bangunan bagi wajib pajak real astate
ü  Penyelesaian permohonan Surat Keterangan Bebas (SKB) PPN
ü  Penyelesaian permohonan Surat Keterangan Bebas (SKB) PPN atas penyerahan BKP tertentu Wajib Pajak perwakilan Negara asing / badan internasional serta pejabat / tenaga ahlinya

6.      Seksi Pemeriksaan
ü  Penyelesaian permohonan pengambilan kelebihan membayar pajak penjualan barang mewah
ü  Penyelesaian permohonan pengembalian kelebihan membayar pajak pertambahan nilai untuk selain Wajib Pajak patuh
ü  Penyelesaian Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan pajak penghasilan lebih bayar
ü  Pengamatan oleh KPP
ü  Pemeriksaan kantor
ü  Pemeriksaan lapangan
ü  Penyelesaian usulan pemeriksaan bukti permulaan
ü  Pemrosesan dan penata usahaan dokumen masuk di seksi pemeriksaan
ü  Penata usahaan laporan hasil pemeriksaan (LPH) dan nota perhitungan
7.      Seksi Penagihan
ü  Penyelesaian permohonan penundaan pembayaran pajak
ü  Penerbitan surat keputusan pencabutan sita
ü  Penyelesaian permohonan pembatalan lelang
ü  Penerbitan dan penyampaian surat teguran penagihan
ü  Penerbitan dan penyampaian surat paksa
ü  Penerbitan Surat Perintah Melakukan Penyitaan (SPMP)
ü  Penerbitan Surat Tagihan Pajak (SPT) bunga penagihan
ü  Pelaksanaan lelang
ü  Penyelesaian usulan pemeriksaan dalam rangka penagihan pajak kepada pimpinan bank
ü  Penghapusan piutang pajak
ü  Penagihan pajak seketika dan sekaligus
ü  Penerbitan surat pemintaan pemblokiran rekening Wajib Pajak kepada pimpinan Bank
ü  Pembuatan usulan pencegahan dan penyanderaan terhadap Wajib Pajak tertentu
ü  Menjawab konfirmasi dan tunggakan Wajib Pajak
ü  Tata cara pembuatan laporan seksi penagihan ke Kantor Wilayah
ü  Penata usahaan surat ketetapan pajak dan surat tagihan pajak beserta bukti pembayarannya
ü  Penata usahaan surat keputusan keberatan / banding pengurangan atau pembatalan ketetapan pajak dan surat keputusan pengurangan atau penghapusan sanksi administrasi pada seksi penagihan





BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan

Setelah penyusun melaksanakan Praktik Kerja Industri di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purwokerto, penyusun dapat mengambil beberapa kesimpulan bahwa :
1.      Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purwokerto merupakan salah satu instansi pemerintahan yang menangani masalah pajak.
2.      Dari Kepala Kantor, Kepala Seksi dan para pegawai yang ada pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purwokerto mempunyai tugas pokok yang berbeda - beda untuk kemajuan instansinya.
3.      Dalam melayani masyarakat Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purwokerto selalu mengedepankan kepuasan masyarakat.
4.      Dalam melaksanakan tugasnya Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purwokerto sudah mengenal sistem manajemen yang baik.
5.      Dengan adanya Prakerin ini, penyusun dapat mengetahui bagaimana kegiatan bekerja di dunia usaha dan sekaligus dapat mempraktikannya dengan langsung.
6.      Setelah melaksanakan Prakerin, penyusun memperoleh banyak pengalaman dan wawasan mengenai dunia kerja yang mungin kelak bisa diterapkan di dunia usaha.

B.     Kesan Umum Terhadap KPP Pratama Purwokerto
Penyusun selaku siswa Praktik Kerja Industri (Prakerin) telah menyelesaikan tugas Prakerin di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purwokerto. Kesan penyusun terhadap Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purwokerto yaitu :
1.      Penyusun merasa nyaman berada di KPP Pratam Purwokerto karena keakraban antara peserta Prakerin dengan Karyawan dan Karyawati KPP Pratama Purwokerto selalu dijalin dengan baik.
2.      Rasa kekeluargaan Karyawan dan Karyawati membuat suasana yang akrab sehingga sangat membantu penyusun dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
3.      Di Kantor Pelayanan Pajak Paratama Purwokerto penyusun memperoleh banyak wawasan terutama dapat mengetahui bagaimana kegiatan bekerja di dunia kerja.
4.      Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purwokerto penyusun dapat belajar berkomunikasi dengan baik.
5.      Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purwokerto terdapat peralatan kerja yang lengkap sehingga dapat mempercepat dan mempermudah penyelesaian pekerjaan.


C.     Pendapat Tentang Pelaksanaan Prakerin
Penyusun sadar bahwa pelaksaan prakerin berjalan dengan baik tanpa suatu halangan apapun. Prakerin dilaksanakan bukan untuk kepentingan sekolah semata melainkan juga demi masa depan anak didik sekolah dimana sekolah tersebut memberikan modal pengalaman bekerja di suatu instansi yang manakala mereka sudah lulus mereka tidak merasa keberatan apabila diberi tugas – tugas dari atasannya. Selain itu pelaksanaan prakerin adalah salah satu program pemerintah bagi SMK demi menciptakan sumber daya manusia yang bermutu, bermental kerja, dan mempunyai etos kerja yang tinggi.





oh ya karena setelah di copy dari laporan asliku hasilnya begini, ya mohon dimaklumi. Namanya juga blogger baru. dirapikan sendiri ya. hehehe. semoga bermanfaat ~~~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman menggunakan HP asus zenfone selfie

Hai salam kenal. Ini postingan pertama saya. Niatnya sih nantinya blog ini isinya ya apa aja lah yg terlintas ingin saya ceritakan tentang pengalaman saya. Ok udahan dulu kenalannya Jadi gini kali ini di postingan pertama mau cerita nih pengalaman beli HP Asus zenfone selfie. Nah ceritanya waktu itu saya ngebet banget tuh sama yang namanya asus zenfone selfie. Kenapa ya???ya karena HP android pertama yg saya beli sendiri jadi ga bisa langsung yang di atas 4 jt. Tapi stamdar lah cuma 2 juta saat itu. Dengan spek yang tinggi. Saat itu ga kepikiran beli samsung sih karena emang dengan harga yang sama eh dapat spek yang biasa-biasa aja. Btw HP tersebut saya beli bulan november 2016 nih guys. Saat sampai kos (saya beli di semarang di daerah tlogosari), saya merasa aneh ketika download di playstore dst lah. Download aplikasi doang loh. Eh hpnya anget. Waduh saya deg2an ini hp kenapa ya kok bisa panas... pikir saya gitu. Tapi yaudahlah dengan penggunaan yang cenderug normal bagi seorang gam

Pengalaman menggunakan aplikasi jenius dari BTPN

Halo guys terima kasih udah mampir lagi ke blog ane ya. Btw kali ini ane mau ngulas mengenai aplikasi jenius nih guys. Langsung aja lah ya. Jadi ane itu udah berusaha daftar aplikasi jenius sejak ya sekitar bulan November 2016. Ya gimana ya gratis biaya transfer,biaya admin, wah pokoknya apa2 gratis. Sayangnya nih saat itu Aplikasi jenius yg ente dapat temukan di playstore masih labil kya remaja gtu lah. Emosinya masih labil. Hehe Nah pada bulan april lah kyanya ane mencoba lagi aplikasi jenius ini. Dan alhamdulillah berhasil. Saat itu masih ane harus ke bank btpn terdekat nih masalahnya. Akhirnya ane ke bank btpn sinaya di Jl pandanaran Semarang. Karena itu btpnnya lumayan deket lah dengan tempat kerja ane. Kesan pertama masuk btpn uh ngeri guys. Ente ga bakal liat unsur bank disitu. Ya kalau bank kan hawa yang terasa orang tuh pikirannya uang semua gtu ya, formal dst. Ente pasti tau lah. Nah masuk ke btpn itu ane kaget,brasa cafe cuy. Disediakan sofa kya ruang tamu,pegawainya rama